-->

Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Sebagai calon mahasiswa teknik informatika kadang-kadang merasa penasaran dan bertanya-tanya, apa sih spesifikasi / spek laptop yang digunakan untuk jurusan TI / SI?

Pertanyaan mengenai spek laptop yang akan digunakan untuk perkuliahan merupakan hal yang wajar, karena sebagai calon mahasiswa memang perlu persiapan yang matang saat akan membeli laptop agar tidak menyesal dikemudian hari.

Terlebih sebagai mahasiswa teknik informatika kadang-kadang sering menggunakan laptopnya untuk kebutuhan programming dan membuka banyak aplikasi secara bersamaan. 

Hal inilah yang membuat laptopnya menjadi lambat jika tidak mengetahui spek minimal yang harus dipersiapkan sejak awal agar laptop tidak lemot saat menjalankan banyak program.


Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop untuk mahasiswa jurusan teknik informatika.

  1. Processor Intel Core i5, Bila ada dana cukup sebaiknya gunakan Processor Intel Core i5, tetapi abila hanya memiliki dana terbatas Processor Intel Core i3 sudah cukup bertenaga dan relatif hemat baterai daripada generasi sebelumnya. Untuk processor seri AMD, bila tidak ada dana gunakan AMD Ryzen 3 sudah cukup.
  2. Sebaiknya gunakan RAM 8 GB, bila tidak cukup dana RAM 4GB sudah cukup, usahakan laptop memiliki 2 slot RAM agar suatu saat bisa menambahkan RAM lagi dan tidak perlu membuangnya RAM yang lama. Dengan menggunakan RAM yang mumpuni agar terasa nyaman saat digunakan untuk membuka banyak program secara bersamaan. Misalnya: menjalankan browser (Firefox, Chrome, Edge), Docker container,  Teks editor (VS Code/Sublime Text), File PDF (Ebook dan lain sebagainya), Web Server, Database Server,  Pengembangan aplikasi web (Web Development), pemutar video, pemutar musik dan lain sebagainya.
  3. Sebaiknya gunakan minimal SSD 256 GB untuk Sistem Operasi (bisa juga digunakan untuk dual boot Windows dan Linux). Dengan menggunakan SSD tujuannya agar saat menjalankan program tidak lemot.
  4. Gunakan media penyimpanan tambahan berupa external harddisk maupun internal harddisk sebesar 1 TB.
  5. Jenis VGA yang digunakan untuk kuliah VGA Intel Integrated sudah cukup.
  6. Port VGA/HDMI/Display port/Thunderbolt/ standar. Saat ini kebanyakan digital projector di kelas masih banyak yang menggunakan port VGA. Jika laptop anda tidak memiliki port VGA out, sebaiknya persiapkan converter-nya misalnya membeli converter tambahan HDMI-to-VGA converter.
  7. Minimal Resolusi Layar 13–14" kalau bisa yang full HD (1920x1080) tetapi tidak harus full HD bila memang dananya terbatas.  Menggunakan layar 15" lebih baik pada saat ngoding membuat mata terasa nyaman, kalau 12" kebawah membuat mata  cepat lelah. (apalagi ditambah lelah hati dan lelah pikiran gak enak kakak... wkwkw)
  8. Memiliki WiFi dan LAN standar.
Demikian penjelasan mengenai spesifikasi laptop yang digunakan untuk mahasiswa teknik informatika, semoga dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Spesifikasi Laptop Untuk Mahasiswa Teknik Informatika"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel