-->

Rumus ROUND Excel | Contoh dan Penggunaan Fungsi ROUND

Apa itu Rumus ROUND excel? Apa fungsinya?

Rumus ROUND atau biasa disebut Fungsi ROUND adalah rumus excel yang digunakan untuk membulatkan angka ke dalam jumlah digit yang telah ditentukan. 

Sehingga kita bisa menggunakan rumus round ini pada microsoft excel untuk menentukan pembulatan angka desimal dengan menentukan jumlah digitnya.

Sebelum menggunakan rumus round, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu sintaks / struktur rumusnya seperti apa, dan bagaimana cara menggunakan rumus round excel tersebut.

Baca juga: Tips Jitu! Cara Refresh Komputer

Rumus ROUND Excel

Sintaks / Struktur Rumus Round

=ROUND(number;num_digits)


Keterangan argumen sintaks fungsi ROUND adalah sebagai berikut:

  • number : Diperlukan/harus ada. argumen number ini berisi angka yang ingin bulatkan nilainya.
  • num_digits : Diperlukan/harus ada. argumen num_digits ini berisi jumlah digit pembulatan yang akan diterapkan pada number.

Sebagai contoh, jika sel A2 berisi angka 32,6825, dan kita ingin membulatkan nilai tersebut ke dua tempat desimal, rumus pembulatan angka desimal yang kita gunakan adalah sebagai berikut:

=ROUND(A2;2)

Hasil dari fungsi ini adalah 32,68.

Baca juga: Cara Membuat Grafik di Excel

Catatan

  • Jika nilai num_digits lebih besar dari angka 0 (nol), maka nilai angka tersebut akan dibulatkan ke jumlah tempat desimal yang telah ditentukan pada rumus excel.
  • Jika nilai num_digits adalah angka 0, maka nilai angka tersebut akan dibulatkan ke bilangan bulat yang terdekat.
  • Jika nilai num_digits lebih kecil dari angka 0, maka nilai angka tersebut akan dibulatkan ke sebelah kiri koma desimal.
  • Jika ingin selalu membulatkan nilai angka ke atas (menjauhi nol), kita bisa gunakan rumus pembulatan excel yaitu fungsi / rumus ROUNDUP.
  • Jika ingin selalu membulatkan nilai angka ke bawah (mendekati nol), kita gunakan rumus pembulatan excel yaitu fungsi / rumus ROUNDDOWN.
  • Jika ingin membulatkan angka ke perkalian tertentu (sebagai contoh, untuk membulatkan nilai angka 0,5 ke nilai pembulatan terdekat), gunakan fungsi MROUND.


Cara Menggunakan Rumus ROUND Excel

Contoh:

Untuk lebih jelasnya cara menerapkan rumus round excel, buatlah tabel excel yang berisi data seperti pada gambar di bawah ini, 

Setelah selesai membuat tabel dengan data yang sama seperti pada gambar diatas, kemudian ketik kan rumusnya di kolom hasil.

Keterangan gambar

RUMUS  HASIL  KETERANGAN
 =ROUND(C6;1)   80,7 Membulatkan angka 80,68886 ke satu tempat desimal
 =ROUND(C7;2)   98,54 Membulatkan angka 98,53568 ke dua tempat desimal
 =ROUND(C8;3)   76,357 Membulatkan angka 76,35688 ke tiga tempat desimal

Bila telah berhasil mencoba dengan nilai yang sama seperti pada gambar tabel diatas, sebaiknya mencoba dengan data yang berbeda dengan mengetik angka desimal lainnya.

Agar bisa lebih memahami rumus/fungsi round excel dengan baik dan benar. Selamat mencoba

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus ROUND Excel | Contoh dan Penggunaan Fungsi ROUND"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=