-->

Rumus SUMPRODUCT Excel Lengkap Contoh dan Cara Penggunaanya

 Apa itu SUMPRODUCT di excel?

Rumus SUMPRODUCT atau biasa disebut sebagai fungsi SUMPRODUCT adalah salah satu formula pada Excel yang digunakan dalam rumus Excel untuk menjumlah data dari hasil perkalian antara baris yang bersesuaian pada beberapa sekumpulan data atau Array.

Rumus SUMPRODUCT microsoft excel sering digunakan untuk menyelesaikan perkalian pada tabel excel kemudian menjumlahkan dari hasil perkalian tersebut. Sehingga akan lebih memudahkan kita dalam mengelola data tanpa terlalu banyak menggunakan rumus penjumlahan dan rumus perkalian excel.



Cara menggunakan rumus/fungsi SUMPRODUCT sangat mudah dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Sebelum menggunakannya, ada baiknya kita ketahui dulu susunan rumus/fungsi SUMPRODUCT excel.

Rumus SUMPRODUCT Excel

Sintaks atau struktur penulisan Rumus/Fungsi SUMPRODUCT adalah sebagai berikut,

=SUMPRODUCT (array1, [array2], [array3],...) 

Keterangan Sintaks fungsi SUMPRODUCT
array1   : Argumen array pertama ini harus ada, karena pada array pertama ini merupakan komponen-komponen yang akan dikalikan kemudian hasil perkaliannya ditambahkan.

[array2], [array3],... : Argumen array 2, array 3, sampai 255 ini sifatnya hanya opsional, boleh ada dan boleh tidak terdapat komponen-komponennya ingin dikalikan lalu tambahkan.
Catatan:
  1. Argumen array harus memiliki dimensi yang sama, Apabila tidak sama maka hasil SUMPRODUCT akan menampilkan  #VALUE! nilai kesalahan. Misalnya, = SUMPRODUCT (A2:A10, C2:C5) akan menampilkan kesalahan karena rentangnya tidak sama.
  2. SUMPRODUCT entri array non-numerik diperlakukan seolah-olah nol.
  3. Untuk mendapatkan kinerja terbaik, SUMPRODUCT sebaiknya tidak digunakan dengan referensi kolom penuh. Pertimbangkan = SUMPRODUCT (C:C, D:D), di sini sebelum menambahkannya hasil dari perkalian, fungsi akan mengalikan sel 1.048.576 dalam kolom C dengan sel 1.048.576 di kolom D. 
Cara Menggunakan Rumus SUMPRODUCT Excel

Contoh 1

Pada contoh 1 ini kita ingin mengetahui total pengeluaran belanja alat tulis kantor dengan mudah menggunakan rumus SUMPRODUCT,  Data Pengeluaran Belanja Alat Tulis Kantor pada data tabel excel dibawah ini,



Untuk menjumlahkan total pengeluaran belanja ketik = SUMPRODUCT (C6:C10;D6: D10) kemudian tekan Enter. Hasil yang didapatkan adalah 950.000

Cara kerja rumus SUMPRODUCT ini Setiap data yang berada sel di kolom C akan dikalikan dengan data yang satu baris dengan sel di kolom D dan hasilnya akan ditambahkan. 

Untuk melihat lebih jelasnya cara kerja rumus sumproduct kita tulis rumus perkalian dan penjumlahan secara manual nanti hasilnya juga akan sama, 
Ketikkan = C6 * D6 + C7 * D7 + C8 * D8 + C9 * D9  +  C10 * D10 kemudian tekan Enter. 
Setelah menekan Enter, hasilnya adalah sama yaitu  950.000

Ingat!! 
Apabila format regional pada komputer menggunakan pengaturan Regional Format Indonesia kita gunakan pemisah argument titik koma (;) 

Apabila format regional pada komputer menggunakan format regional setting English, pemisah argument kita gunakan tanda koma(,).


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus SUMPRODUCT Excel Lengkap Contoh dan Cara Penggunaanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel