-->

Cara Mengatur Freeze Excel Agar Baris atau Kolom Tidak Bergerak

Microsoft excel terdapat fitur freeze yang dapat digunakan untuk mempermudah membaca data base yang besar. Data base excel yang tergolong besar tentunya memiliki baris dan kolom yang banyak. 

Misalnya kita membuat data excel berupa tabel rumus excel lengkap yang terdiri dari beberapa kolom dan baris. Pada saat di lakukan scrol keatas dan ke bawah atau geser ke kanan dan ke samping bila judul kolom tidak ikut bergerak akan lebih enak dibaca.

Cara membuat judul kolom excel atau baris excel tetap terbaca dan tidak ikut bergerak pada saat dilakukan scroll, kita bisa mengaktifkan fitur freeze excel.

Apa itu Freeze Excel? Freeze excel adalah fitur pada microsoft excel yang digunakan untuk mengunci / membekukan baris maupun kolom pada excel.

Perlu kamu ketahui, Freeze excel terdiri dari 3 macam yaitu:

Freeze Panes : Freeze yang digunakan untuk mengunci baris dan kolom tertentu pada excel agar tidak ikut bergerak saat dilakukan scroll.

Freeze Top Row : Freeze yang digunakan untuk mengunci baris paling atas pada excel agar tidak ikut bergerak saat dilakukan scroll.

Freeze First Column : Freeze yang digunakan untuk mengunci kolom pertama pada excel agar tidak ikut bergerak saat dilakukan scroll.

Cara mengaktifkan freeze excel sebenarnya angat mudah untuk dilakukan. Anda pasti bisa melakukannya setelah membaca artikel tentang freeze excel ini.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel

Berikut cara mengaktifkan freeze excel,

Cara Membuat Baris dan Kolom Excel Tidak Bergerak ( Freeze Panes )

Kita bisa mengaktifkan Freeze panes excel dengan mudah, dengan mengaktifkan freeze panes maka baris excel dan kolom excel tidak bergerak saat kita melakukan scroll atau geser ke kanan atau geser ke kiri.

Misalnya begini, kita ingin mengunci baris pertama dan kolom pertama pada excel agar baris pertama dan kolom pertama tidak ikut bergerak saat mouse scroll atau di geser-geser. Untuk mengaktifkannya baris pertama dan kolom pertama tetap diam, Klik pada baris dan kolom setelahnya kemudian Klik Tab VIEW dan pilih FREEZE PANES



Cara Membuat Baris Pertama Excel Tidak Bergerak (Freeze Top Row) 

Untuk membuat baris pertama pada excel, kita dapat melakukannya dengan mengaktifkan fitur Freeze Top Row pada excel.

Begini caranya,

Klik Tab VIEW dan pilih FREEZE TOP ROW


Cara Membuat Kolom Pertama Excel Tidak Bergerak (Freeze First Column)

Untuk membuat kolom pertama pada excel, kita dapat melakukannya dengan mengaktifkan fitur Freeze First Column pada excel.

Begini caranya,

Klik Tab VIEW dan pilih FREEZE FIRST COLUMN



Jika ingin menonaktifkan freeze agar semua kolom dan baris ikut bergerak saat di scroll, cara gampang tinggal klik Unfreeze Panes pada Tab View

Baca juga: cara mengurutkan data di excel


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Freeze Excel Agar Baris atau Kolom Tidak Bergerak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel