-->

Tips Jitu! Cara Mengatasi Password BIOS Laptop dan PC Yang Terkunci

Cara Jitu Mengatasi Password BIOS (Basic Input Output System) Laptop dan PC (personal computer) Yang Terkunci. Terkadang bios (Basic Input Output System) laptop atau komputer yang terkunci oleh password membuat kita merasa terganggu. Yang paling merasakan ketidak nyamanan tersebut adalah pada saat proses instalasi windows, contohnya instalasi windows 10, instalasi windows 8, windows 7 dll

Melakukan intalasi windows apabila bios terkunci oleh password maka proses intalasi windows tidak akan pernah berjalan dengan lancar. Untuk mengatasi password bios terkunci, kita perlu mereset / mengatur ulang pasword bios pada laptop/komputer tersebut.

Cara mengatur ulang password bios laptop atau PC (personal computer) yang lupa passwordnya.
Mungkin sobat yang belum tahu cara me- reset / mengatur ulang password bios pada windows akan bertanya-tanya. Untuk itu, sobat jangan khawatir ya, dalam artikel ini akan berusaha untuk membantu sobat dalam mengatasi bios (Basic Input Output System) yang terkunci oleh password.

Cara Jitu Mengatasi Password BIOS Laptop dan PC Yang Terkunci

Salah satu cara untuk mengatasi bios yang terkunci password adalah dengan cara menghapus password bios itu sendiri. Bagaimana cara menghapus passowrd bios? 
Perlu diketahui sebelumnya, Password bios yang biasa kita gunakan ini tersimpan pada memory CMOS.

Semua data-data yang tersimpan dalam memori CMOS / CCMOS dipertahankan oleh baterry CMOS. Jika battery CMOS / CCMOS tersebut terlepas maka semua data akan hilang. Semua pengaturan BIOS yang di setting sebelumnya akan berubah ke pengaturan awal / pengaturan pabrik.

Dengan demikian kita perlu membongkar laptop atau komputer untuk melepaskan BATTERY CMOS tersebut. Hal ini bertujuan agar semua data-data yang tersimpan dalam memori CMOS hilang dan kembali ke pengaturan awal.

Namun dengan membongkar laptop atau komputer bukan berarti satu-satunya cara mengatasi password bios terkunci.
Masih banyak cara untuk mengatasi bios terkunci salah satunya dengan menggunakan sofware. Sofware yang digunakan untuk mengatasi bios yang terkunci oleh password juga dapa di download dengan gratis.

Aplikasi buka kunci bios tersebut bernama CMOS De-Animator dengan ukuran file yang sangat kecil yakni 206 KB. Sehingga tidak banyak memakan ruang memori. Selain itu, masih ada lagi aplikasi untuk mengatur ulang password bios ke pengaturan awal yaitu PC CMOS Cleaner , software tersebut bisa di unduh (download) dengan ukuran file 59 MB.

Cara Jitu Mengatasi BIOS Laptop dan PC Yang Terkunci Password

Berikut ini beberapa tutorial cara mengatur ulang bios yang terkunci oleh password. Sobat tinggal memilih langka mana yang dianggap paling mudah.

1. Me-Reset Password Bios Dengan Cara Melepas CMOS BATTERY


Bios yang telah terkunci oleh password sangat mudah diatasi untuk di reset ulang yaitu dengan cara melepas CMOS Battery. Namun cara melakukan langkah ini  membutuhkan peralatan lengkap, karena harus membongkar casing laptop atau komputer.

Cara melepas CMOS Battery untuk mengatasi password bios yang terkunci adalah sebagai berikut.
  1. Kosongkan aliran listrik laptop/komputer sobat, dengan cara mencabut kabel listrik dari power supply. 
  2. Buka cassing komputer PC atau lapop sobat dengan penuh hati-hati agar tidak ada komponen yang patah.
  3. Cari CMOS Battery yang terletak pada Motherboard laptop/ PC sobat. Bentuk umum CMOS battery. yang sering digunakan untuk laptop/komputer adalah bulat seperti pada gambar diatas.
  4. Lepaskan CMOS battery tersebut dari motherboard laptop/PC sobat, dan biarkan selama kurang lebih 5-10 menit.
  5. Pasang kembali CMOS battery laptop/komputer tersebut pada motherboard di tempat semula dengan benar.
  6. Pasang kembali cassing laptop/komputer sobat dengan rapi dan benar
  7. Alirkan listrik  pada laptop/komputer dengan mencolokkan ke power supply
  8. Nyalakan kembali laptop/komputer untuk memastikan apakah password pada Bios masih ada atau sudah hilang.

2. Me-Reset Password Bios Dengan Cara Memindah Posisi JUMPER CMOS / Jumper BIOS


Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara pertama yakni harus dengan cara membongkar cassing laptop/komputer. Yang membedakannya adalah langkah memindahkan jumper CMOS tidak harus melepas battery. 

Untuk menemukan posisi jumper CMOS ini berada di sekitar penempatan baterai CMOS dan biasanya diberi tanda yang bertuliskan CCMOS atau CRL CMOS, lihat pada gambar yang dilingkari diatas.  Langkah-langkah mengatur ulang  password bios dengan memindahkan jumper CMOS adalah sebagai berikut:
  1. Kosongkan aliran listrik laptop / komputer seperta pada CARA PERTAMA dilangkah satu, kemudian lepaskan cassing laptop/komputer sobat.
  2. Temukan jumper  CLR CMOS atau CCMOS.  Jumper CMOS laptop/PC terdiri dari dua macam yakni jumper dengan 2 pin dan jumper dengan 3 pin. 
  3. Jika yang tipe jumper 3 pin, maka kedudukan jumper awal berada pada pin 1 dan 2 sementara pin 3 kosong. Dengan demikian pindah kedudukan jumper CCMOS tersebut pada  pin 2 dan 3 sementara pin 1 dikosongkan. 
  4. Jika laptop/komputer menggunkan Jumper CCMOS Tipe 2 pin, maka sobat harus menyiapkan jumper sendiri untuk mengganti kedua pin tersebut.
  5. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5-10 menit agar password bios hilang dan kembali kepengaturan awal.
  6. Untuk Tipe jumper CCMOS type 3 PIN, pindahkan posisi jumper ke posisi semula.  Untuk Jumper CCMOS type 2 PIN, lepas jumper dari pin tersebut kemudian pasang yang semula.
  7. Pasang kembali cassing dengan benar dan colokkan listrik ke power supply 
  8. Terakhir nyalakan  komputer/laptop  untuk memastikan keberadaan password Bios.

Baca juga: Cara menghapus password user account di windows 10

 

 3. Me-Reset Password Bios Dengan Cara Menggunakan Aplikasi Sofware

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang paling mudah karena idak perlu repot-repott dengan membongkar cassing laptop maupun komputer PC. Ada dua cara menggunakan aplikasi untuk me-reset password bios kepengaturan awal. Yaitu dengan menggunakan software CMOS De-Animator  dan PC CMOS Cleaner.

Software CMOS De-Animator  dan PC CMOS Cleaner memiliki keungulan yang berbeda. CMOS De-Animator memiliki ukuran file yang sangat kecil dan ringan serta mudah dalam penggunaanya. Namun hanya bisa digunakan untuk windows yang masih bisa dibuka/gunakan.

Sedangkan untuk Software PC CMOS Cleaner dapat digunakan untuk reset password bios pada komputer yang sudah tidak bisa dijalankan windowsnya. Cara penggunaannya harus dengan cara bootable. Dengan melakukan boorning terlebih dahulu ke CD/DVD-ROM atau ke Flash Disck dengan extensi file iso
Berikut ini langkah-langkah Cara Reset Bios menggunakan Software :
  1. Cara Reset Password Bios Dengan software CMOS De-Animator


    • Sebelumnya Download Software CMOS De-Animator terlebih dahulu
    • Jalankan aplikasi tersebut pilih Bytes to Operated With,
    • Kemudian pada menu Action to perform pilih Clear CMOS lalu klik Procces.
    • Lakukan Restart pada laptop agar  password bios dipastikan telah hilang.

  2. Cara Reset Password Bios Dengan software PC CMOS Cleaner


    Software Aplikasi PC CMOS Cleaner dapat dijalankan pada windows 32/64bit.  Aplikasi tersebut cocok untuk semua jenis laptop atau PC seperti : Asus, Dell, HP, Compaq, DTK, , IBM, Phoenix, Samsung, Sony, Thinkpad,  Toshiba dan lain-lain. 

    Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dilakukan untuk reset password Bios menggunakan software PC CMOS Cleaner.
  • Download PC CMOS Cleaner ( http://www.pccmos.com/product.html ) terlebih dahulu
  • Burning file ISO software tersebut ke CD-ROM,  menggunakan aplikasi bantuan misalnya  program ImgBurn atau Nero Burning ROM
  • Masukkan CD ke CD/DVD-ROM, dan restart komputer.
  • Saat proses pengaturan urutan booting laptop/komputer. atur urutan pertama booting yang pertama kali terbaca CD/DVD-ROM (atur booting pertama dari CD)
  • Jika berhasil masuk ke PC CMOS Cleaner, gunakan untuk reset, mengetahui atau menghapus , password sebelumnya. 

Baca juga: Cara mencerahkan layar komputer 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tips Jitu! Cara Mengatasi Password BIOS Laptop dan PC Yang Terkunci"

Dedi said...

pc saya layar nya terkunci minta pasword dan layar hitam..tidak bisa masuk bios.apakah harus instal ulang atau ganti hardisk..pusing saya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel