-->

Pengertian Perangkat Output Dan Fungsi Perangkat Output

Perangkat output / perangkat keluaran adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menyampaikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. 

Komputer memiliki beberapa perangkat output yang masing-masing  memiliki peran tersendiri.
Perangkat output yang sering kita temui pada komputer adalah monitor, printer, speaker, proyektor, plotter, dan lain sebagainya.


Berikut penjelasan pada masing-masing perangkat output yang perlu diketahui.

A. Monitor
Monitor adalah piranti display yang terdapat pada komputer untuk menampilkan data yang telah diolah oleh system komputer. Monitor pada umumnya memliki beberapa  tipe, ukuran, dan karakter istik yang berbeda. Monitor ini biasanya dibeli seacara terpisah dengan paket komputer. Sebelum membeli komputer sebaiknya kita pahami terlebih dahulu karakteristik dari monitor. Agar bisa menentukan menentukan monitor terbaik untuk sistem yang spesifik. 


Kita kenali beberapa istilah yang berkaitan dengan monitor berikut ini.
~ Pixels
Pixels merupakan Elemen gambar titik kecil pada tampilan layar. Pixel terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB) yang diatur melalui baris layar.

~ Dot Pitch  adalah  ukuran jarak titik fosfor pada layar komputer. Dot pitch yang bagus dapat mempengaruhi kualitas tampilan akan menjadi lebih baik. Monitor saat ini banyak yang memiliki ukuran 0.25 dot pitch. Dan ada pula yang memiliki ukuran 0.22 dot pitch resolusi yang tampilkan juga bagus.

~ Refresh Rate Tingkat tampilan layar direfresh. Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz) yang berarti per detik. Semakin tinggi nilai refresh rate, tampilan layar akan semakin stabil. Refresh rate biasa terlihat seperti gambar diam padahal kenyataanya selalu berkedip tiap kali elektron menabrak dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate memiliki nama lain refresh rate vertikal atau frekuaesi vertikal.

~ Color Depth
Nomer untuk warna yang berbeda dalam tiap pixel dapat ditampilkan disebut sebagai color depth. Ukuran color depth adalah bit. Untuk mendapatkan hasil warna yang banyak, kita memerlukan kedalaman bit yang lebih tinggi.

~ Video RAM (VRAM)
Video RAM (VRAM) adalah jenis memori yang terdapat pada kartu video. Semakin tinggi VRAM pada kartu video, maka warna yang bisa ditampilkan juga semakin banyak. Sinyal refresh yang digunakan untuk mengontrol refresh rate juga berasal dari kartu video. 

~ Resolution
Resolusi saat ini memeiliki beberapa variasi dan tergantung pada nomer pixelnya. Semakin besar nilai pixel pada layar resolusi monitor akan terlihat lebih baik. Ketajaman gambar ditentutan berdasarkan ketinggian resolusi. Resolusi layar terendah pada komputer modern pada umumnya 640 x 480 pixel disebut sebagai Video Graphic Array (VGA). Namun saat ini resolusi sudah semakin canggih dengan resolusi mencapai 1600 x 1200 atau biasa disebut Super Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics Array (XGA).

~ Monitor screen sizes
Ukuran monitor screen biasanya yang sering dipakai adalah satuan. Pada umumnya monitor memiliki ukuran 10", 11", 12",  14”, 15”, 17” 19” dan 21”, dihitung secara garis diagonal. Tetapi ukuran monitor yang tampak sebenarnya lebih kecil dari ukuran yang dihitung. 

~ Display Warna
Warna tercipta dari intensitas cahaya tiga warna dasar yang berubah-ubah. Seorang seniman grafis dan fotografer profesional biasanya memerlukan ukuran 32 atau 64 bit. Berikut ini adalah rangkuman dari kedalaman warna yang sering digunakan pada komputer:

~ 256 warna –8-bit warna
o 65,536 warna– 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K or HiColor
o 16 million warna– 24-bit warna, juga dikenal sebagai True Color
o 4 billion warna–32- bit warna, juga dikenal sebagai True Color.
Monitor berkualitas tinggi dan kartu video berkualitas tinggi diperlukan untuk mendapatkan resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi pula. 

B. Printer

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci.

Untuk mendapatkan hasil cetakan yang semakin tajam diperlukan dpi pada printer yang lebih tinggi. Berikut jenis-jenis printer yang perlu dikathui :
1. Dot Matrik, jenis printer yang menggunakan tinta pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, jenis printer yang menggunakan tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer jenis printer yang menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter. 

C. Speaker

Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara dari komputer. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Hasil suara dari komputer dapat kita dengarkan melalui  output  speaker. 

D. Proyektor

Proyektor atau biasa disebut infokus adalah alat yang digunakan untuk presentasi, yang bisa dihubungkan ke perangkat komputer untuk menampilkan data ke suatu screen (layar) atau dinding. 

E. Plotter

Plotter adalah media cetak yang menyerupai printer yang digunakan untuk objek gambar yang lebih optimal. Plotter memiliki ukuran yang lebih besar daripada printer. Sumber : kemdikbud.go.id
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Perangkat Output Dan Fungsi Perangkat Output"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel