-->

Tutorial Instalasi Monitor Yang Benar

Instalasi Monitor komputer juga memerlukan cara yang benar agar tidak akan menjadi masalah dikemudian hari. Terkadang banyak orang tidak memperhatikan cara yang benar memasang monitor sesuai aturan. Sehingga hasilnya akan berdampak pada kondisi kesehatan pengguna dan keamanan perangkat komputer. 



Pada laman agoes.my.id ini akan dijelaskan secara rinci cara melakukan instalasi monitor dengan benar. Sehingga akan memiliki dampak yang lebih baik sesuai harapan kita.

Baca juga : Refresh Komputer/Laptop Dengan Satu Tombol Keyboard

Cara melakukan instalasi sebenarnya mudah kok, caranya begini;

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Saat Instalasi Monitor

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat  melakukan instalasi monitor

1. Pastikan kompatibilitas.
Pastikan monitor benar-benar kompatibel atau sesuai denga sistem operasi yang akan digunakan pada komputer. 

2. Periksa jenis port card.
VGA Semua kartu video kompatibel dengan analog RGB/VGAport. Tetapi, ada  vga card yang diperlukan oleh beberapa monitor digital dengan input port Digital Video Interface (DVI) ataupun HDMI dan kabel penghubung yang sesuai untuk dapat terhubung ke komputer. Macam-macam port vga card seperti dibawah ini. 
portcard

3. Membaca user manual monitor.
Buku pedoman memiliki peran yang lebih penting, sebelum melakukan instalasi monitor sebaiknya membaca buku pedoman terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan. Di dalam buku pedoman biasanya dijelaskan lebih terperinci langkah demi langkahnya.Selain itu, buku manual dapat membeikan pentunjuk tentang kabel penghubung apa saja yang harus terkoneksi ke monitor. 

Pada umumnya kabel pada monitor LCD terdiri dari dua kabel: pertama kabel power untuk menghubungkan ke sumber daya, dan satu lagi kabel yang digunakan untuk menghubungkan monitor ke perangkat cpu.

4. Menghubungkan kabel dan memeriksa layar.
Secara umum, driver yang diperlukan akan terinstal secara otomatis oleh sistem operasi komputer. Apabila driver tidak secara otomatis terinstal, kita dapat melakukan instal driver secara manual menggunakan CD Instalasi yang telah disediakan dalam kemasan monitor. 
Gambar dibawah ini adalah salah  satu contoh pemasangan kabel vga ke cpu.


vgakecpu

5. Menyesuaikan sudut dan posisi monitor terhadap penguna.
Atur sudut monitor agar sesuai dengan posisi mata dan badan bila monitor telah berhasil menyala agar menghasilkan tampilan yang maksimal serta membuat rasa nyaman.

Mungkin langkah ini banyak yang tidak menghiraukannya.
Padahal menyesuaikan sudut dan posisi monitor terhadap penguna  merupakan langkah penting bahkan sangat penting yang harus diperhatikan.  Agar senantiasa kesehatan badan tetap terjaga.

Instalasi monitor yang salah bisa memiliki dampak kesehatan yang buruk. Sebaiknya dipahami cara melakukan instalasi monitor dengan benar. Jika penempatan sudut posisi monitor  yang salah dapat mengakibatkan tubuh tidak nyaman dan badan mengalami masalah kesehatan.

Contoh pengaturan jarak monitor yang ideal adalah sebagai berikut, 
Perhatikan baik-baik agar kesehatan badan tetap terjaga maksimal dan selalu merasa nyaman saat di depan komputer.

posisiideal

6. Mengatur Kecerahan dan kontras monitor.
Kecerahan dan kontras monitor perlu diatur agar sesuai dengan kenyamnan mata setiap penguna komputer, karena setiap mata pengguna memiliki kepekaan cahaya yang berbeda. 

    


Sumber: kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Instalasi Monitor Yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=