-->

Tutorial Cara Memasang RAM Yang Benar

Tutorial Instalasi Komputer - Kali ini admin akan berbagi trik Tutorial  memasang RAM yang benar, langkah memasang RAM yang benar harus diperhatikan baik-baik, karena ada dua macam modul memory yang digunakan pada sebagian besar PC.

Jenis memory yang terpasang pada PC biasanya kartu memori dua sisi dengan 168 pin (dual inline memory module / DIMM) dan kartu memori satu sisi dengan 72 pin (Single Inline Memory Module / SIMM). 

Seperti pada gambar dibawah ini.



ram

Baik DIMMS maupun SIMMS menggunakan sisi konektor umum yang ada dan sesuai degan slot motherboard yang disebut socket RAM. Socket RAM yang digunakan untuk kartu DIMM disebut socket DIMM, sementara yang digunakan untuk kartu SIMM disebut socket SIMM.

Bila tiap kartu dimasukkan ke dalam slot, kedua tepi konektor terhubung dengan jejak keemasan pada motherboard. Setiap baris emas menunjukkan satu jalur data.

Seperti baris emas yang menuju CPU akan menjalankan bus prosesor, semua baris emas ini juga menjalankanbus memori. Jalur besar data bus memori digunakan untuk memindahkan data antara RAM dan CPU.



Berikut ini langkah-langkah Memasang RAM yang benar :

Langkah 1

Pertama, putuskan slot mana yang akan digunakan dan memasang chip SIMM atau DIMM di atasnya. Baik SIMM maupun DIMM memilki kunci, sehingga hanya memiliki satu arah (pemasangan).

Langkah 2

Masukkan modul DIMM langsung ke dalam slot. Modul SIMM dimasukkan pada kemiringan dengan sudut 45 derajat.

Langkah 3

Modul memori harus dikunci pada tempatnya. Untuk SIMM, putar dari posisi miring menuju posisi vertikal. Biasanya akan terjadi sedikit hambatan, tetapi hal ini adalah normal. Jangan memaksa. Bila terjadi kesulitan, chip mungkin terbalik.

Putar dan coba kembali. Ketika SIMM telah vertikal, logam kecil atau penjepit plastik harus mengunci (snap) pada tempatnya, menahan posisi vertikal SIMM pada slot memori.Pada DIMM, cukup tutup tuas pada kedua sisi.

Bila tuas tersebut tidak tertutup, umumnya karena DIMM tidak masuk sesuai dengan arah slot atau terbalik. Pada kebanyakan case, bila DIMM telah dimasukkan dengan benar, tuas akan mengunci pada posisinya tanpa perlu perlakuan lainnya.

Langkah  4

Ulangi langkah 1 hingga langkah ke 3 untuk modul memori yang lainnya. Setelah selesai, pastikan bahwa setiap modul telah diposisikan dengan baik pada slot pada kedua sisinya.

Demikian tutorial instalasi RAM semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa dibagikan ke teman-teman ya…Barangkali teman-teman sedang membutuhkan.


Sumber referensi: kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Cara Memasang RAM Yang Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=