-->

Tutorial Cara Memasang Heatsink Dan Kipas

Setelah kesana-kemari mencari info Langkah-langkah memasang heat sink dan kipas di mesin pencari dengan kata kunci Cara memasang heatsink dan kipas, Tutorial memasang heat sink dan kipas , Tips memasang heat sink dan kipas, dan akhirnya agak lega setelah ketemu disini…hehe…

Mikroprosesor yang kebanyakan dapat menghasilkan banyak panas, sehingga dapat menyebabkan permasalahan pada sistem. Salah satu cara untuk membuang panas dari prosesor adalah menggunakan heat sink dan kipas pendingin.

Pemasangan yang tepat sangat penting untuk performa unit. Walaupun heat sink dapat dipasang sebelum memasang chip prosesor pada motherboard, tetapi bisa saja ada kemungkinan rusaknya pin chip. 

Kipas yang dipasang sebelum pemasangan CPU hanya bisa dilakukan pada prosesor Pentium II. dibawah ini contoh gambar heat sink

heatsink

Langkah-langkah memasang heat sink dan kipaspada socket 7 dan prosesor serta tipe socket yang lain :

Langkah 1


Bila kipas CPU belum terpasang dengan heat sink, maka gunakan sekrup yang disertakan dengan kipas untuk memasangnya pada heat sink.

Langkah 2


Beberapa setup menggunakan senyawa heat sink atau pasta termal. Pasang senyawa heat sink pada permukaan chip. Berikan satu lapisan tipis, cukup untuk menutup permukaan chip. Senyawa heat sink atau lemak termal meningkatkan kontak antara permukaan CPU dengan heat sink, yang kemudian akan meningkatkan pembuangan panas.

Langkah 3


Pasang heat sink hati-hati. Letakkan heat sink tepat di atas prosesor dan tekan perlahan-lahan. Heat sink yang kini ada di pasar menggunakan satu set klip pada kedua sisinya sebagai penahan. Mungkin butuh sedikit paksaan untuk memasang klip pada tempatnya.

Bila posisinya tidak tepat, klip tersebut akan sulit dimasukkan pada posisi yang benar. Kadangkala butuh beberapa kali untuk memperoleh posisi yang tepat. Pada kasus yang lain, senyawa heat sink adalah satu-satunya perekat antara heat sink dengan prosesor.

Langkah 4


Periksa apakah heat sink tetap memiliki kontak yang baik dengan permukaan chip prosesor. Biasanya ketika heat sink dipasang terbalik, permukaan chip dan heat sink menjadi renggang. Bila hal ini terjadi, lepaskan heat sink, putar, dan coba untuk memasangnya kembali.

Langkah 5

Hapus kelebihan senyawa heat sink atau pasta termal yang mungkin meluber ke samping permukaan kontak.

Langkah 6


Dengan hati-hati pasang kabel listrik kipas pada pin listrik kipas yang terdapat pada motherboard.Prosesor yang sudah dalam satu kemasan biasanya akan disertai dengan kipas dan heat sink yang sudah dipasang.

Harganya mungkin lebih mahal namun lebih nyaman dan aman untuk dipasang. Prosesor yang sudah terkemas biasanya merupakan prosesor yang merupakan perlengkapan asli dari pabrik (original equipment manufacture / OEM) dan memiliki jaminan cakupan yang lebih baik daripada prosesor tanpa kipas dan heat sink.

Cukup sampai disini semoga info Langkah-langkah memasang heat sink dan kipas dapat membantu. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa bagikan ke teman-teman yang sedang membutuhkan informasi mengenai Langkah-langkah pemansangan heat sink dan kipas.

Sumber : kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Cara Memasang Heatsink Dan Kipas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel