-->

Jenis Port Rear Panel dan Tipe Bus

Jenis-jenis port rear panel - Port rear panel memiliki bermacam-macam jenisnya. Dari semua jenis port rear panel memiliki bentuk yang berbeda-beda. Serta masing-masing port rear panel memiliki fungsi tersenidri

Berikut ini kita perhatikan jenis-jenis port rear panel serta type bus.

Tipe Bus
Komponen dasar dari komputer saling dihubungkan menjadi satu dengan jalur komunikasi dinamakan bus.

Sistem bus adalah kumpulan konduktor paralel yang membawa data dan mengontrol sinyal dari satu komponen ke komponen lainnya.

Mengingat bahwa konduktor dalamkomputer modern adalah penjejak metalik (metallic traces) yang terdapat dalam papan sirkuit. Terdapat tiga tipe sistem bus yang dapat diidentifikasikan berdasarkan tipe informasi yang dibawa. Hal ini termasuk bus alamat, bus data dan bus kontrol.

Bus alamat adalah jalur satu arah (unidirectional pathway). Unidirectional berarti informasi hanya bisa berjalan satu arah. Fungsi dari jalur adalah untuk membawa alamat yang dahasilkan dari CPU ke memori dan elemen I/O dalam komputer tersebut.
Nomer konduktor dalam bus menentukan ukuran bus address. Ukuran bus address menentukan nomer lokasi memori dan elemen I/O yang dapat di-address oleh mikroprosesor.

Bus data adalah jalur dua arah (bidirectional) untuk arus data.Bidirectional berarti informasi dapat berjalan dalam dua arah. Data dapat mengalir sepanjang bus data dari CPU ke memori selama operasi penulisan, dan data dapat berpindah dari memori komputer ke CPU menjelang operasi pembacaan.

Bagaimanapun juga, jika dua peranti menggunakan bus data ini pada waktuyang bersamaan, maka akan terjadi kesalahan data. Peranti apapun yang tersambung ke dalam bus data harus memiliki kemampuan untuk menahan keluaran (output)-nya sementara ketika tidak terlibat dengan aktivitas dengan prosesor.

Status ini dinamakan status mengambang (floating state). Ukuran bus data, diukur dalam bit, mewakili ukuran huruf suatu komputer. Secara umum, semakin besar bus data, semakin cepat sistem komputernya.

Ukuran bus data normal adalah 8-bit atau 16-bit untuk sistem lama dan 32-bit untuk sistem baru. Sistem bus 64-bit saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Bus kontrol berperan membawa kontrol dan sinyal timing yang dibutuhkan untuk mengkoordinasi aktivitas dari keseluruhan komputer. Sinyal bus kontrol tidak harus terhubung satu sama lain, tidak seperti bus data dan alamat.

Beberapa merupakan sinyal output dari CPU, beberapa lagi merupakan sinyal input ke CPU dari elemen I/O dalam sistem. Setiap tipe mikroprosesor merespon terhadap sinyal kontrol set yang berbeda.

Sinyal kontrol yang umum digunakan saat ini adalah sebagai berikut:
  • System Clock (SYSCLK)
  • Memory Read (MEMR)
  • Memory Write (MEMW)
  • Read/Write Line (R/W Line)
  • I/O Read (IOR)
  • I/O Write (IOW).

Jenis-jenis  port Rear Panel


Selain dari yang tampak pada motherboard yang dipasang pada chasing, maka dibagian belakang CPU juga akan tampak beberapa jenis port dan soket seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini .


Keterangan dari masing –masing bagian sebagai berikut :

1. Port paralel (LPT1 atau LPT2) :
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara paralel. Contoh peralatannya adalah printer dan scanner.

2. Port Serial (Com 1, Com 2) :
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port serial ini adalah mouse dan modem.

3. Port AT/PS2 :
Umumnya jenis port ini digunakan untuk masukan konektor keyboard dan mouse.

4. Port USB (Universal serial bus) :
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah camera digital, scanner, printer USB, handycam, dan peraltan tambahan eksternal.

5. Port VGA :
Port yang berhubungan langsung dengan layar. Port ini terdapat pada motherboard yang menggunakan chipset VGA on board atau menggunakan VGA card yang diletakkan pada slot AGP.apabila didalam motherboard belum terdapat port VGA maka harus menambah VGA Card.

6. Port Audio :
Port yang berhubungan langsung dengan peraltan audio, misalnya tape, radio, speaker, atau mikrofon. Motherboard sekarang sudah banyak yang menggunakan chipset audio on-board.

7. Port LAN :
Port yang dihubungkan dengan kabel LAN/jaringan yang menggunakan kabel konektor jenis RJ45. Port ini sudah terdapat pada motheboard, karena seringkali chipset motherboard sudah memberikan fasilitas LAN on-board pada motherboardnya.

Terimakasih telah bersedia membaca artikel ini, semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda dan jangan lupa like dan tinggalkan komentarnya atau share ke teman-teman anda yang membutuhkan informasi artikel Jenis Port Rear Panel dan Tipe Bus ini.


Sumber : kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Jenis Port Rear Panel dan Tipe Bus"

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel