-->

Panduan Lengkap Cara Membuat Google Forms

Apa itu google forms / formulir google ? Apa saja kegunaan google Forms? Bagaimana cara membuat google form? Mungkin sederet pertanyaan itulah yang terlintas dikalangan pemula.

Bagi yang belum mengenal apa itu google form tak perlu khawatir. Firgoos.com akan membahas dasar-dasar cara membuat google form, agar Anda mengetahui apa itu Google Forms dan bagaimana Anda dapat mulai menggunakannya.

Apa itu google forms / formulir google?
Google Forms adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google Drive bersama dengan Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides.
Formulir menampilkan semua fitur kolaborasi dan berbagi yang ditemukan di Documents, Spreadsheet, dan Slide.
Layanan utama lainnya yang termasuk dalam suite berbasis cloud adalah Sheets (Excel), Documents (Word), dan Slides (PowerPoint).

Apa saja kegunaan google Forms?
Google Forms digunakan untuk mengumpulkan informasi dari orang-orang melalui kuis atau survei yang dipersonalisasi. Anda kemudian dapat menghubungkan info ke spreadsheet pada Lembar untuk secara otomatis mencatat jawabannya. Spreadsheet kemudian diisi dengan respons dari kuis atau survei secara real-time. Ini membuat Google Forms menjadi salah satu cara termudah untuk menyimpan data secara langsung ke dalam spreadsheet.

Dengan Google Formulir, Anda dapat mengumpulkan RSVP, memulai survei, atau membuat kuis untuk siswa dengan formulir online sederhana. Anda dapat membagikan formulir Anda melalui email, tautan langsung, atau di media sosial atau meminta semua orang untuk berpartisipasi.

Google Formulir merupakan alat online, yang dapat anda bagikan dan berkolaborasi dengan banyak orang di formulir yang sama dengan nyata.

Berikut cara mudah membuat google forms yang perlu anda ketahui

Cara Mendaftar Email Akun Google
Sebelum dapat menggunakan Formulir Google, Anda harus mendaftar email akun Google terlebih dahulu (sebuah @gmail). Jika sudah memilikinya, silakan lanjut ke bagian selanjutnya. Apabila belum memiliki akun google, Firgoos.com akan membahas cara paling sederhana untuk membuat akun Google agar anda bisa membuat/mengatur Google Formulir.

Ketikkan accounts.google.com pada browser anda, setelah terbuka klik "Create Account (Buat Akun)," dan kemudian pilih "For Myself (Untuk Diri Sendiri)."

Pada halaman berikutnya, Anda harus mengisi beberapa informasi — nama depan dan belakang, nama pengguna, dan kata sandi — untuk membuat akun Anda.

Kemudian lakukan verifikasi nomor telepon Anda sehingga Google dapat memastikan Anda bukan bot.

Setelah Anda memverifikasi nomor telepon Anda, halaman-halaman berikutnya mengharuskan Anda untuk memberikan alamat email pemulihan, tanggal lahir Anda, dan jenis kelamin. Anda juga harus menyetujui pernyataan privasi dan ketentuan layanan. Setelah itu, akun google baru anda sudah jadi dan dapat digunakan untuk membuat google formulir.

Cara Mudah Membuat Google Formulir Kosong
Sekarang Anda telah memiliki akun Google, saatnya untuk membuat Google Formulir pertama Anda. Buka   beranda Google Forms dan letakkan kursor pada tanda tambah warna-warni (+) di sudut kanan bawah.
Arahkan kursor ke tanda tambah warna-warni di sudut kanan bawah.
Tanda plus berubah menjadi ikon pensil ungu; klik untuk membuat formulir baru.
Klik ikon pensil ungu.
Tips Jitu Cara Cepat Membuat Google Forms: Anda dapat mengetik  forms.new di bilah alamat dari browser apa saja dan tekan Enter untuk membuat dan membuka formulir kosong baru secara otomatis. Hal ini akan memudahkan anda dan mempercepat masuk ke halaman formulir google sehingga lebih efesien.

Cara Menyesuaikan Google Formulir
Google Forms yang telah anda buat dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Menyesuaikan dengan cara mengatur tampilan Google Forms seperti tema, menambahkan gambar, warna, dan gaya font .

Klik palet di bagian kiri atas layar seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah. Dari sini, Anda dapat memilih gambar tajuk dari salah satu dari banyak stok foto yang disediakan (atau mengunggah salah satu foto sesuai keinginan anda), warna utama formulir, warna latar belakang, dan gaya font.
Klik ikon palet.
Meskipun kustomisasi kurang terkait dengan tema formulir (selain dapat mengunggah tema gambar sesuai dengan keinginan), Google Forms menebusnya dengan segala hal lain yang ditawarkan.

Setelah Anda mengkustomisasi formulir Anda, tutup opsi tema untuk kembali ke survei Anda.

Anda sekarang telah membuat bentuk google forms yang terlihat lebih indah!
Cara Memilih Jenis Pertanyaan
Saat Anda membuat Google Formulir, Anda dapat memilih jenis pertanyaan yang ingin dijawab orang. Seperti jawaban statis dari formulir pilihan ganda atau respons panjang esai,
Anda dapat membuat google formulir secara ideal dalam sekejap!

Klik menu tarik-turun di sebelah bidang pertanyaan.










Kemudian, pilih jenis pertanyaan yang Anda inginkan dari daftar.

Daftar jenis pertanyaan yang dapat Anda pilih  berikut penjelasannya:
Short Answer: Respons jawaban singkat hanya membutuhkan beberapa kata. Anda dapat menetapkan aturan yang harus diikuti orang dalam jawaban mereka dengan validasi input data . Sangat bagus untuk alamat email atau URL.
Paragraph:  Respons membutuhkan jawaban bentuk paragraf panjang dari satu atau lebih paragraf. Validasi input data juga tersedia untuk jenis respons ini.
Multiple Choice:  Orang memilih di antara sekumpulan opsi pilihan ganda (satu per pertanyaan). Anda dapat memasukkan "Lainnya" dan opsi sehingga orang dapat memasukkan jawaban singkat. Bergantung pada jawaban seseorang, Anda juga dapat mengirimnya ke bagian lain dari formulir.
Checkboxes (Kotak centang): Para  responden memilih satu atau lebih dari sekumpulan opsi, termasuk opsi "Lainnya" untuk jawaban singkat. Bergantung pada jawaban seseorang, Anda dapat mengirimnya ke bagian formulir yang berbeda.
Drop-down: Orang-orang memilih jawaban mereka dari serangkaian pilihan di menu drop-down (satu per pertanyaan). Berdasarkan jawabannya, Anda dapat, sekali lagi, mengirim orang ke bagian lain dari formulir.
File Upload (Unggah File):  Ini memungkinkan orang untuk mengunggah file sebagai tanggapan terhadap pertanyaan. File yang diunggah menggunakan ruang Google Drive untuk pemilik survei. Anda dapat menentukan ukuran dan jenis file yang dapat diunggah orang.
Linear Scale:  Orang-orang dapat menilai pertanyaan Anda pada skala yang dimulai dari 0 atau 1, dan berakhir pada bilangan bulat dari 2 hingga 10.
Multiple Choice Grid (Kotak Pilihan Ganda):  Ini menciptakan kotak tempat orang dapat memilih satu jawaban per baris. Secara opsional, Anda dapat membatasi jawaban untuk satu pilihan per kolom dan mengacak urutan baris.
Multiple Choice Grid:  Opsi ini membuat kotak centang ganda, orang dapat memilih satu atau lebih jawaban per baris. Secara opsional, Anda dapat membatasi jawaban untuk satu pilihan per kolom dan mengacak urutan baris.
Date:  Responder harus memilih tanggal sebagai jawaban atas pertanyaan. Standarnya adalah hari, bulan, dan tahun. Secara opsional, Anda dapat memasukkan waktu dalam jawaban orang.
Time:  Responder harus memilih waktu hari atau durasi waktu.

Cara Menambahkan Pertanyaan Lainnya
Jika Anda membuat survei atau kuis, Anda kemungkinan akan memasukkan lebih dari satu pertanyaan.  Untuk menambahkan pertanyaan pada Google Forms sebanyak yang Anda inginkan sangat mudah, dan Anda dapat memvariasikan jenis pertanyaan. Bahkan anda dapat memisahkannya menjadi beberapa bagian, sehingga semuanya tidak muncul pada satu halaman.

Untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan ke formulir Anda, klik tanda tambah (+).


Untuk menambahkan bagian lain untuk memisahkan pertanyaan, klik ikon yang terlihat seperti dua persegi panjang.

Secara opsional, Anda bisa memberi nama dan bagian deskripsi untuk membedakannya dengan yang lainnya.

Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan ke bagian lain itu adalah hal yang sangat mudah dan cukup sederhana! Cukup drag dan drop  diantara bagian. Di akhir bagian, klik menu drop-down untuk memilih formulir dimana harus diarahkan oleh seseorang setelah mereka menyelesaikannya

Cara Membuat Kuis Pada Google Forms
Formulir Google tidak hanya untuk survei atau undangan acara. Guru dapat menggunakan Formulir untuk membuat kuis digital, yang secara otomatis menilai, mengirim hasil (jika diaktifkan), dan mengumpulkan tanggapan siswa.

Ini adalah salah satu cara termudah untuk memberi siswa umpan balik langsung dan mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk menilai kuis.

Klik gigi Pengaturan di bagian atas halaman.


Klik tab "Kuis", dan kemudian aktifkan "Jadikan Ini Kuis."

Setelah Anda mengaktifkan mode kuis, Anda dapat memilih kapan akan merilis tanda siswa, dan informasi apa yang dapat dia lihat setelah mereka mengirimkan kuisnya. Apabila sudah selesai, klik "Simpan" untuk keluar dari jendela.

Setelah Anda kembali ke kuis, pilih salah satu pertanyaan, lalu klik "Answer Key" untuk mengedit jawaban yang benar, dan bobot setiap pertanyaan pada kuis yang anda buat.
Di sinilah Anda mengatur jawaban yang benar, memutuskan berapa banyak nilai yang layak untuk masing-masing poin, dan menambahkan umpan balik jawaban untuk setiap pertanyaan.
Klik "Edit Pertanyaan" untuk menutup kunci jawaban dan menyimpan perubahan Anda.

Cara Berkolaborasi dalam Google Formulir
Seperti semua aplikasi Google suite, Formulir memungkinkan Anda dapat berkolaborasi dengan yang lain. Siapa pun yang Anda bagikan tautan unik dapat mengedit pertanyaan di formulir Anda. Ini membuatnya jauh lebih mudah untuk mengerjakan survei yang sama dengan grup.

Untuk melakukan ini, klik tiga titik dihalaman bagian atas kanan, dan kemudian klik "Add Collaborators"

Selanjutnya, di bawah judul "Siapa yang Memiliki Akses," klik "Ubah."

Pilih "On – Anyone with the link" untuk menghasilkan tautan yang dapat dibagikan. Siapa pun yang memiliki tautan ini kemudian dapat mengakses dan mengedit formulir Anda. Klik "SAVE"

Saatnya sekarang Anda dapat menyalin dan berbagi tautan dengan siapa pun yang memiliki akses ke formulir Anda.

Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan tautan yang dapat dibagikan ini, selain itu juga dapat berfungsi untuk dijadikan File di Google Drive yang bisa dibagikan ke pengguna lain. Untuk melihat lebih dalam bagaimana cara membagikan tautan file google drive dan bagaimana cara membuatnya,  lihat panduan berikutnya .


Cara Menyimpan Respons di Google Sheets
Google Forms dapat menyimpan jawaban secara otomatis  di Google Sheets. Pada fitur ini Google Forms dapat menyimpan setiap respons di tab "Responses" di bagian kanan atas formulir dan terdapat pembaruan secara berkala ketika orang-orang menjawab pertanyaan yang telah anda buat.

Namun, jika Anda lebih suka cara yang lebih mendalam untuk menganalisis respons dari google formulir Anda, Anda dapat membuat Google Sheet baru — atau tautan ke yang sudah ada — untuk menyimpan dan melihat jawaban. Saat melihat data yang disimpan dalam spreadsheet, Anda dapat menerapkan banyak jenis perhitungan dan fungsi Google Sheets untuk membuat rumus yang memanipulasi respons Anda.

Untuk melakukan ini, pilih tab "Responses", dan kemudian klik ikon Google Sheets Lembar hijau.


Selanjutnya, klik Buat dengan menekan tombol "Create" untuk menghasilkan spreadsheet baru untuk menyimpan semua jawaban Anda.


Setiap spreadsheet berisi semua respons, beserta keterangan waktu saat survei selesai.
Jika Anda sudah memiliki spreadsheet yang ingin Anda gunakan, Anda bisa melakukannya juga! Alih-alih mengklik "Create," klik "Select existing spreadsheet," dan kemudian klik "Select."
Pilih spreadsheet yang Anda inginkan dari daftar yang tersimpan di Google Drive misalnya file yang dipilih spreadsheet no 1, dan kemudian klik "Pilih."

Ketika orang-orang menjawab setiap pertanyaan dalam google formulir, maka tanggapan mereka secara dinamis akan muncul di spreadsheet Google Sheet yang dipilih.

Cara Mudah Menggunakan Templat Google Formulir
Terkadang, Anda tidak ingin memikirkan format — atau pertanyaan — survei. Jika demikian, Anda dapat menggunakan templat dari galeri templat Google Forms. Ini memiliki template untuk semuanya, mulai dari undangan pesta hingga formulir evaluasi kursus.

Untuk memulai, pergilah ke beranda Google Forms dan letakkan kursor pada tanda tambah warna-warni (+) di sudut kanan bawah.
Selanjutnya Tanda plus akan berubah menjadi pensil ungu dan ikon halaman ungu. Klik ikon halaman ungu.

Setelah jendela terbuka, pilih templat dari salah satu dari tiga bagian sesuai dengan tema yang anda inginkan: Pribadi, Pekerjaan, atau Pendidikan.

Klik sebuah templat. Formulir terbuka di tab saat ini dan terimpan ke Drive Anda dengan semua formulir lainnya. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan atau mengedit pertanyaan yang ada, templat dapat disesuaikan, sama seperti formulir lainnya.

Contoh templat umpan balik Peristiwa di Formulir Google.


Tambahkan Pengaturan Akhir
Sebelum google form anda bagikan dengan semua orang, pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa pengaturannya. Pada menu pengaturan ini, Anda dapat mengumpulkan alamat email, membuat pesan konfirmasi, membatasi respons ke satu per orang, dan banyak lagi.

Klik Gerigi Pengaturan di halaman bagian atas.

Selanjutnya pada Tab pertama memiliki beberapa pengaturan yang dapat Anda aktifkan. Pada menu ini, Anda dapat mengumpulkan alamat email dan membatasi setiap orang untuk satu pengiriman. Anda juga dapat memilih apakah responden dapat mengedit jawaban mereka setelah dikirim atau melihat ringkasan grafik di akhir survei.

Catatan:  Apabila Anda mengaktifkan "Limit to 1 response," responden harus masuk dengan akun Google mereka untuk mengakses formulir Anda. Siapa saja yang tidak memiliki akun Google tidak akan dapat mengirimkan jawaban ke formulir Anda. Kecuali memang Anda yakin setiap orang memiliki akun Google, maka sebaiknya biarkan opsi ini dinonaktifkan.
Pada Tab "Presentation" digunakan untuk mengatur tampilan bilah kemajuan yang memungkinkan orang tahu seberapa jauh mereka dalam google formulir. Anda juga dapat mengacak urutan pertanyaan, menampilkan tautan untuk mengirimkan formulir lagi (jika "Batasi ke 1 respons" dinonaktifkan), atau menulis pesan konfirmasi yang dilihat responden setelah mereka mengirimkan formulir.

Setelah Anda selesai, tekan "Save" untuk menyimpan perubahan dan kembali ke formulir Anda.

Cara Membagikan Formulir Anda
Setelah Anda selesai membuat formulir, sekarang saatnya untuk mengirimkannya dan mendapatkan beberapa tanggapan. Anda dapat membagikan formulir melalui email, tautan langsung, di akun media sosial lainnya, atau Anda dapat memasang google form di situs web Anda.

Untuk mendapatkan berbagi, buka formulir yang ingin Anda bagikan, dan kemudian klik "Kirim."

Pilihlah cara berbagi google form sesuai keinginan kemana akan anda bagikan dari opsi panel seperti gambar dibawah ini. Penjelasan dari kiri ke kanan, pilihan Anda meliputi: email, tautan langsung, tautan tertanam untuk situs web, Facebook, dan Twitter Anda.

Semoga Panduan pemula Cara Membuat Google Forms dapat membantu anda dalam membuat Formulir Google dengan mudah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Membuat Google Forms"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel