-->

Cara Cek IMEI HP Android Dengan Kode

Setiap HP Android yang dinyatakan legal sudah bisa dipastikan memiliki nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang unik. 

Sebagai pengguna HP android sudah seharusnya mengetahui nomor IMEI HP yang tercantum. Cara menemukan / mengecek nomor IMEI HP itu gampang kok.

Pada artikel kali ini agoes.my.id akan mengulas cara cek nomor IMEI Ponsel / HP android dengan mudah dan praktis.

Perlu anda ketahui pengertian IMEI dan Apa itu IMEI?
IMEI  singkatan daro International Mobile Equipment Identity yang berfungsi untuk  mengidentifikasi keunikan ponsel Anda. 

Selain itu nomor IMEI ponsel memiliki peran untuk mengecek keaslian HP resmi yang terdaftar oleh dinas terkait seperti di kemenperin (kementerian perindustrian). Legalitas atau Keaslian HP biasanya telah terdaftar pada kementerian industri yang tercantum pada kode IMEI HP Android Anda.

Bila IMEI Ponsel Anda terdaftar di kemenperin (kementerian perindustrian) bisa dipastikan ponsel anda legal dan bukan termasuk Ponsel selundupan atau biasa disebut dengan istilah BM (black market)

Nomor IMEI memiliki jumlah digit kode unik terdiri dari 14-16 digit. Bila HP memliki nomor IMEI yang tercantum saat melakukan pelacakan juga jadi lebih mudah sehingga keberadaan ponsel/HP melalui nomor imei bisa diketahui.

Format penulisan IMEI HP ada aturan cara membacanya, biasanya nomor imei terdiri ada 4 bagian yaitu sebagai berikut 11-222222-333333-4, yang artinya 

Pada bagian pertama dan kedua digunakan untuk menentukan merek dan model ponsel Anda, 

Bagian ketiga khusus untuk jenis handset tertentu.

Pada bagian keempat digunakan untuk memverifikasi keaslian HP yang memiliki kepatuhan pedoman alokasi dan persetujuan dari kemenperin.



Cara Mudah Cek IMEI HP Android
Melihat kode IMEI HP dengan menggunakan kode adalah cara yang paling mudah, sangat berbeda dengan cek IMEI melalui menu pengaturan. Menu pengaturan pada setiap HP berbeda-beda untuk cek IMEI. Berikut adalah kode cek imei hp android yang perlu Anda Coba, hanya dengan mengetikkan kode * # 06 # seperti halnya anda melakukan panggilan telepon.
* # 06 #

Setelah tanda # yang terakhir, akan muncul informasi kode IMEI dari layar hp android Anda.

Cara Cek IMEI HP Android Melalui Menu Pengaturan

Selain menggunakan kode untuk mengecek IMEI HP dapat dapat juga dilakukan melalui menu pengaturan yang ada di ponsel. Cek IMEI HP menggunakan menu pengaturan adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Perlu di ingat, setiap versi android memiliki susunan yang berbeda tergantung merek dan model HP Anda.

1. Cara Cek IMEI HP Samsung Galaxy
Berikut cara Cek IMEI HP Android dengan mudah, kita ambil contoh mengecek IMEI HP Samsung Galaxy Android versi 9.

Caranya cukup sederhana yaitu sebagai berikut :
Pengaturan → Tentang Ponsel
Menu Pengaturan di klik selanjutnya pilih Tentang Ponsel setelah itu kode IMEI HP Samsung Galaxy akan terlihat.


2. Cara Cek IMEI HP OnePlus
Selain cek IMEI HP Samsung Galaxy adalah HP OnePlus. Cara Cek IMEI HP OnePlus juga simpel dan tidak sulit seperti halnya mengecek IMEI pada  Samsung Galaxy Android versi 9.

Berikut Cara Cek IMEI HP OnePlus.
Pengaturan → Tentang Telepon → Status



Pada menu Pengaturan di KLIK kemudian pilih Tentang Telepon setelah itu klik Status, maka kode IMEI HP OnePlus akan terlihat seperti gambar diatas.

Baca juga: cara refresh laptop


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek IMEI HP Android Dengan Kode"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel