-->

Pengertian Motherboard dan Fungsinya


Tutorial Instalasi Komputer - Apa itu motherboard? Istilah Motherboard didalam perangkat komputer sudah tidak asing lagi di era modernisai ini, khususnya dikalangan para teknisi komputer. Nah kita langsung saja tidak perlu banyak kata-kata yang seharusnya tidak perlu dikatakan.

Terkadang kita akan merasa malas jika terlalu banyak kata-kata yang kurang bermanfaat hanya menghabiskan waktu saja karena waktu sangat berharga maka gunakan waktu kita dengan sebaik-baiknya untuk meraih ilmu. Oke disini kita akan membahas pengertian tentang Motherboard.

Motherboard adalah saraf pusat (otak) dalam sistem komputer, sehingga motherboard memiliki peran yang sangat penting.

Motherboard juga dapat dideskripsikan sebagai dual prosesor atau single prosesor. Gambar dibawah ini menunjukkan motherboard dengan single prosesor
mothrbord

Kebutuhan dalam kecepatan memproses semakin meningkat. Prosesor tunggal (single prosesor) tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan tersebut, terutama dalam lingkungan jaringan perusahaan. Motherboard  dengan dual prosesor biasanya diinstal untuk sistem operasi jaringan yang lebih tinggi tingkatannya seperti
Windows 2000.

Motherboard juga dikenal sebagai sistem board atau papan utama (main board). Semua hal dalam sistem yang terhubung dalam komputer, dikontrol atau dikendalikan oleh motherboard untuk berkomunikasi dengan peranti yang lainnya dalam sistem.

Sistem board adalah papan sirkuit tercetak (printed circuit board) yang paling besar. Setiap sistem akan memiliki satu. Sistem board biasa nya merupakan tempat dari beberapa komponen berikut ini:
  • CPU
  • Circuit pengontrol
  • Bus/adapter
  • RAM
  • Slot ekspansi untuk board tambahan
  • port untuk peranti ekternal
  • Complementary Metal-Oxide Semiconductor (CMOS, dibaca C moss)
  • Read Only memory (ROM) lainnya
  • Chip BIOS
  • Support chip yang memiliki fungsi yang bervariasi .
Jika komputer menggunakan case desktop, sistem board akan terletak didasar case komputer. Jika komputer menggunakan case tower, sistem board biasanya akan terletak di satu sisi secara vertikal. Semua komponen yang terhubung ke dalam unit sistem akan terkoneksi secara langsung dalam sistem board.

Terimakasih telah bersedia membaca artikel ini, semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda dan jangan lupa like dan komentarnya.

Sumber : kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Motherboard dan Fungsinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel