-->

Cara Menghitung Persen di Excel

Persen atau persentase adalah sebuah perbandingan (rasio) untuk menyatakan nilai pecahan dari seratus dengan simbol/lambang satuan ' % ' (tanpa tanda kutip). Dalam bahasa Inggris persentase biasa disebut sebagai percent atau per centum yang artinya per seratus.

Menghitung persentase dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus microsoft excel. Rumus persen di excel yang digunakannya pun tidak ribet. Menghitung persentase yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah menghitung persentase keuntungan, menghitung persentase kerugian, menghitung persen bunga bank, menghitung persen diskon dan lain sebagainya.

Saat menghitung persentase bila ingin menampilkan lambang simbol persen ( % ) di excel, kita harus mengaturnya terlebih dahulu. Apabila kita tidak mengaturnya ke format persentase maka hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk format general berupa angka desimal.

Misalnya =6/10*100% setelah di enter hasilnya secara default 0,6

Untuk menampilkan simbol tanda persen % kita mengubah ke format % (persen), tinggal pilih sel tempat menampilkan hasil 0,6 kemudian tekan tombol keyboard CTRL+SHIFT+% , atau mengubah persen melalui menu Tab Home kemudian pada Group Number Pilih Tanda % sehingga hasilnya akan berubah menjadi 60%



Cara Menghitung Persen (%) di Excel

Bagaimana cara menghitung persentase di excel?

Tenang saja, menghitung persen di excel itu sebenarnya mudah dilakukan kok, untuk lebih jelasnya agoes.my.id akan membantu mengulas cara menghitung persen di excel  menggunakan rumus persen beserta penjelasannya.



Sebelum menghitung persen,  Ada baiknya kita pahami terlebih dahulu konsep menghitung persentase di excel secara umum.

Untuk menghitung persentase di excel setidaknya terdiri dari  2 Variable yang diperlukan.

  1. Harus ada nilai sel yang akan dihitung persentasenya .
  2. Harus ada nilai pembanding dari nilai sel yang akan dihitung persentasenya.


Rumus menghitung persentase di excel

Contoh Soal 

Pada suatu hari Dhani dan Junaidi mengukuti ujian test seleksi penerimaan karyawan di PT Astra Honda Motor. Pada soal psikotest terdiri dari 10 soal, Dhani  hanya bisa menjawab 9 soal dengan benar dan Junaidi hanya bisa menjawab 7 soal benar.

Berapa  persen masing-masing jawaban benar Dhani dan Junaidi?

Jawaban Soal

Untuk lebih jelasnya menghitung persen data Dhani dan Junaidi kita membuat tabel excel terlebih dahulu, agar lebih mudah cara mengerjakan persentase pada excel.

Persentase nilai jawaban benar Dhani, kita hitung menggunakan rumus pesentase sebagai berikut =9/10 * 100%

Sehingga hasil nilai yang diperoleh Dhani 90%.  

Penjelasannya: angka 9 adalah nilai yang akan dihitung persennya dan nilai pembandingnya adalah angka 10 didapatkan dari total soal.

Persentase nilai jawaban benar Junaidi, kita hitung menggunakan rumus pesentase sebagai berikut =7/10 * 100%

Sehingga hasil nilai yang diperoleh Junaidi 70%.  

Penjelasannya: angka 7 adalah nilai yang akan dihitung persennya dan nilai pembandingnya adalah angka 10 didapatkan dari total soal.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Persen di Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel