-->

Cara Henghilangkan Garis di Excel ( Gridlines )

Setiap pengguna microsoft excel saat membuka lembar kerja pasti selalu disuguhi dengan tampilan garis kotak-kotak. 


Garis-garis kotak yang terdapat pada microsoft excel biasanya disebut gridlines. Kadang-kadang banyak pengguna yang menginginkan untuk menghapus atau menghilangkan garis di Excel, agar tampilan lembar kerja excel polos tanpa garis.

Tetapi masih banyak yang bingung cara menghilangkan garis di excel tersebut. Sebenarnya cara menghilangkan garis di excel itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Bagi yang belum mengetahui cara menghilangkan garis di excel, tenang saja ya. Pada artikel kali ini agoes.my.id akan membantu cara menghilangkan garis di excel dengan mudah dan praktis.

Garis - garis di excel itu merupakan sebuah garis bantu ( gridlines ) untuk mempermudah kita mengatur data tabel excel agar terlihat lebih rapi. Pada saat print excel  tampilan garis yang terdapat pada lembar kerja excel ini tidak ikut tercetak, kecuali telah menambahkan garis border pada tabel excel.

Sebenarnya tidak perlu untuk menghilangkan garis di excel karena tidak akan terlihat saat dokumen excel selesai di cetak. 

Tetapi juga tidak ada salahnya bila memang ingin menghilangkan garis pada lembar excel tersebut. Cara memformat spreadsheet microsoft Excel dengan cara menghilangkan beberapa garis di Excel hingga keseluruhan juga tidak rumit-rumit amat. 

Caranya memformatnya bisa melalui  pengaturan tab file, tab view dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari cara menghilangkan garis di excel dengan mudah seperti penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Tips Jitu! Cara Cepat Refresh Komputer/Laptop Dengan Satu Tombol Keyboard

Tutorial cara menghilangkan garis di Ms Excel ini berlaku untuk semua versi Excel mulai dari tahun 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 ataupun versi excel terbaru.

Cara Menghilangkan Garis pada Microsoft Excel

1. Langkah pertama Buka lembar kerja Ms Excel, dengan memilih Blank workbook jika ingin membuat lembar kerja baru di Excel.

2. Setelah lembar kerja terbuka, kemudian pilih tab menu View selanjutnya pada group Show hilangkan tanda centang disebelah Gridlines

3. Langkah cara menghilangkan garis di excel telah berhasil 

Metode di atas sangat cocok  untuk menghilangkan garis bantu di Microsoft Excel secara keseluruhannya.

Menghilangkan garis gridlines di excel biasanya membuat pengguna akan lebih fokus saat mengerjakan tugas di lembar kerja excel dengan tampilan yang bersih tanpa garis-garis.


Cara menghilangkan gridlines di Microsoft Excel melalui menu pengaturan.

1. Buka tab menu File di Microsoft Excel.

2. Selanjutnya masuk ke bagian Options atau Pilihan di bagian paling bawah.

3. Options selanjutnya pilih  tab Advanced atau Lanjutan yang terletak pada menu pop up Excel  .

Lalu cari sub menu Display options for this worksheet: biasanya terletak di bagian bawah, gulir saja cari sampai ketemu.

Kemudian hilangkan tanda centang pada opsi Show gridlines.

Pada pengaturan ini kita juga dapat mengganti warna gridlines sesuai selera  dengan cara membukanya di menu Gridline Color.

4. Langkah terakhir, pilih OK untuk mengkonfirmasi, selanjutnya secara otomatis semua garis bantu akan menghilang dengan sendirinya.

Lembar kerja atau workbook di Microsoft Excel secara default  tersusun dari rangkaian baris dan kolom baik secara horizontal atau vertikal yang berbentuk kotak persegi panjang, dan sangat berguna untuk menyusun atau merapikan tabel. Garis pada lembar kerja excel tersebut lebih dikenal sebagai Gridlines.

Gridlines yang dihapus, tampilan lembar kerja excel akan terlihat lebih bersih bila cara menghapus atau menghilangkan garis bantu (Gridlines) di Microsoft Excel telah dinyatakan sukses. 

Walaupun sebenarnya fungsinya untuk mempermudahkan kita dalam menyusun dan menghitung suatu data dengan menggunakan rumus-rumus di Excel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Henghilangkan Garis di Excel ( Gridlines ) "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel