-->

Mau tahu?? Fungsi Tonjolan Kecil Di Huruf F Dan J Pada Keyboard Komputer

Tombol keyboard memiliki fungsi tersendiri, salah satu contoh yang sering kita temukan adalah adanya tonjolan pada huruf F dan J.

Apa sih fungsi tanda tonjolan kecil huruf F dan J pada Keyboard Komputer tersebut.? Tentu saja, setiap tanda-tanda tertentu pada tombol keyboard komputer maupun laptop, masing-masing  memiliki fungsinya tersendiri. Sehingga tombol tersebut bukan hanya sebagai pajangan saja.

Sama seperti bagaimana cara refresh laptop menggunakan tombol keyboard, hanya dengan menggunakan satu tombol keyboard cara merefresh komputer/laptop bisa berjalan dengan baik.

Apa fungsi tonjolan kecil pada huruf F dan J dalam keyboard? 


Terkadang banyak yang tidak disadari terkait adanya tanda tonjolan pada keyboard tepatnya di huruf F dan J tersebut. Pada umumnya tonjolan kecil di huruf F dan J keyboard pada setiap komputer desktop maupun laptop dapat kita temukan. 

Fungsi tanda tonjolan di huruf F dan J pada keyboard digunakan untuk membantu mempercepat pengguna saat melakukan pengetikan.

Metode ini ditemukan pertama kali pada tahun 1888 oleh Frank Edward McGurrin  yakni untuk membantu proses pengetikan tanpa melihat papan tuts keyboard yang disebut dengan kata lain touch typing. Sehingga pada saat mengetik pengguna komputer tidak harus melihat papan keyboard.

Papan mesin ketik pada jaman terdahulu menjadi inspirasi tombol keyboard yang digunakan pada komputer sampai saat ini. Sehingga tombol keyboard komputer susunan hurufnya yang digunakan tetap sama sampai sekarang.

Tanda tonjolan kecil yang terletak di huruf F ini digunakan untuk mempermudah user saat melakukan ketik cepat dengan meletakkan telunjuk jari yang bagian tangan kiri. Sehingga jari yang lainnya mengikutinya dengan lebih mudah. 

Jari tengah tangan kiri digunakan untuk menekan huruf "D", 
Jari manis tangan kiri digunakan untuk menekan huruf "S" 
Jari kelingking pada tangan kiri digunakan untuk menekan huruf "A".

Sedangkan tanda tonjolan di huruf J digunakan untuk mempermudah telunjuk jari kanan menemukan huruf J, sehingga jari kanan yang lainnya bisa mengikuti. 
Huruf "K" untuk penggunaan jari tengah , 
Huruf "L"  untuk penggunaan jari manis 
Jari kelingking kanan digunakan untuk menekan tombol tanda baca ( tanda petik,tanda kutip, dan lain sebagainya)

Dengan demikian tata letak semua huruf, angka, dan tanda baca yang ada pada keyboard lebih mudah di ingat oleh para pengguna komputer. Sehingga kecepatan mengetik (touch typer) lebih cepat dan akurat tanpa harus melihat papan tombol keyboard.

Modifikasi dari tonjolan pada tuts "F" dan "J" baru dipatenkan mulai tahun 2002 oleh June E Botich dari Naples, Florida. Adanya tanda tonjolan tersebut digunakan untuk membantu setiap pengguna komputer dalam meningkatkan kecepatan mengetik. 

Itulah fungsi adanya tonjolan di huruf F dan J pada keyboard, yang sampai saat ini digunakan untuk panduan taktis telah menjadi standar internasional.

Semoga fungsi dari tonjolan kecil di huruf F dan J pada tombol keyboard dapat dimengerti oleh semua pembaca.

Baca juga : 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mau tahu?? Fungsi Tonjolan Kecil Di Huruf F Dan J Pada Keyboard Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=