-->

Rumus Sumif Excel : Penjelasan dan Cara Penggunaannya

Rumus excel memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan untuk menentukan hasil yang diinginkan oleh pengguna. Salah satu Rumus Excel yang sering kita temukan adalah rumus sumif excel.

Apa itu rumus sumif excel dan bagaimana cara menggunakann rumus sumif excel?

Bagi yang belum tahu tenang saja ya, pada laman agoes.my.id akan mengulas rumus sumif excel lebih detail agar semua dapat terbantu dan bisa mengetahui cara menggunakan rumus sumif excel.

Rumus sumif adalah rumus excel yang digunakan untuk menambahkan semua nilai yang memenuhi kriteria / memiliki syarat tertentu.

Jadi,, dengan menggunakan rumus sumif  kita dengan mudah menjumlahkan data yang mengacu pada kondisi atau syarat terntentu.

Pada dasarnya rumus sumif excel merupakan fungsi logika excel seperti halnya rumus if excel.

Rumus Sumif Excel
Susunan Syntak Rumus Sumif Excel yang digunakan pada umumnya adalah sebagai berikut

=SUMIF(Range; Kriteria; [Sum_range])

Penjelasan sintaksis Fungsi SUMIF :

Range
Merupakan Range data yang akan diterapkan kriterianya. Sel kosong yang tidak ada datanya (blank cell) atau bernilai teks akan diabaikan. Jadi, pada sel tersebut harus dalam bentuk angka atau nama range, array, atau referensi yang berisi angka. 

Kriteria
Merupakan penerapan kriteria pada sebuah argumen Range. Sel mana saja yang akan dijumlahkan, ditentukan oleh kriteria ini. Kriteria dapat berupa angka, referensi sel, ekspresi logika, teks, atau fungsi yang akan menentukan sel pada  argument Range yang akan ditambahkan.

Sum_range
Argumen yang memiliki fungsi opsional. Untuk menjumlah nilai range data yang ditentukan diisikan ke argumen sum_range ini.

Cara Menggunakan Rumus Sumif Excel

Contoh Soal Rumus Sumif Excel.
Pada tabel berikut ini kita akan menjumlahkan khusus data sel yang bernilai angka 10 dan data sel yang bernilai lebih dari 10.


Cara menjumlah data sel yang bernilai 10, kita tampilkan pada kolom C baris ke 9 rumus sumif yang dimasukkan adalah =SUMIF(B2:B7;10) hasilnya 30 karena 10+10+10 = 30

Cara menjumlah data sel yang bernilai lebih 10, kita tampilkan pada kolom C baris ke 10 rumus sumif yang dimasukkan adalah =SUMIF(B2:B7;">10") hasilnya 100 karena angka yang bernilai lebih dari 10 adalah 20+30+50 = 100

Catatan: Jika ingin menambahkan data dengan munggunakan operator excel harus ditambahkan tanda  " (kutip dua) sebelum tanda operator dan tanda " (kutip dua) setelah angka.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Sumif Excel : Penjelasan dan Cara Penggunaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=