-->

AVERAGEIF pada excel

 AVERAGEIF pada excel adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sel-sel yang memenuhi kriteria tertentu1. Fungsi ini berguna untuk menghitung rata-rata dari sekelompok data yang memiliki karakteristik atau kondisi tertentu2. Sintaks dari fungsi AVERAGEIF adalah sebagai berikut:


AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])


Argumen yang digunakan dalam fungsi AVERAGEIF adalah:


Range: kumpulan sel yang akan dievaluasi dengan kriteria1. Range dapat berupa sel tunggal, range sel, nama range, array, atau referensi yang berisi angka1.

Criteria: kriteria yang menentukan sel mana yang akan dihitung rata-ratanya1. Criteria dapat berupa angka, teks, ekspresi logika, atau referensi sel1. Criteria juga dapat menggunakan karakter wildcard seperti tanda tanya (?) untuk mencocokkan satu karakter apa pun atau tanda bintang (*) untuk mencocokkan urutan karakter apa pun1. Jika ingin mencari tanda tanya atau bintang sebenarnya, gunakan tanda tilde (~) sebelumnya1.

Average_range: kumpulan sel yang sebenarnya akan dihitung rata-ratanya1. Argumen ini bersifat opsional. Jika tidak diisi, maka range akan digunakan sebagai average_range1. Average_range tidak harus memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan range. Sel yang akan dihitung rata-ratanya ditentukan dengan menggunakan sel kiri atas dalam average_range sebagai sel awal, kemudian menyertakan sel-sel yang sesuai ukuran dan bentuknya dengan range2.

Contoh penggunaan fungsi AVERAGEIF pada excel adalah sebagai berikut:




Jika ingin menghitung rata-rata nilai dari siswa yang nilainya lebih dari 80, maka rumus yang digunakan adalah:

=AVERAGEIF(B2:B6,“>80”)

Hasilnya adalah 85.

Jika ingin menghitung rata-rata nilai dari siswa yang namanya diawali dengan huruf A, maka rumus yang digunakan adalah:

=AVERAGEIF(A2:A6,“A*”)

Hasilnya adalah 80.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "AVERAGEIF pada excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel