-->

Contoh Soal Latihan Fisika Dasar 1

 *(P9) Contoh Soal Gaya Gesek

1. Sebuah gerobak dengan massa 20 Kg ditarik sepanjang permukaan rata 0leh seutas tali yang miring 300  di atas bidang horizontal. Terdapat gaya gesekan 30 N yang berlawanan dengan gerakan . Berapa besar gaya tarik jika gerobak bergerak dengan dengan :
a) Kecepatan konstan
b). Percepatan 0,4 m/det2  ?

2. Sebuah kotak 12 Kg dilepaskan dari puncak suatu bidang miring yang panjangnya 5 m dan membentuk sudut 40  terhadap horizontal . Gaya gesekan 60 N menghalangi gerakan kotak .
a) Berapakah percepatan kotak ?
b). Beapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai dasar bidang miring ?
c). Berapakah koefisien gesekan antara kotak dan bidang miring ?

 

3. Perhatikan gambar! Sebuah balok mula-mula diam, lalu ditarik dengan gaya F ke atas sejajar dengan bidang miring. Massa balok 8 kg, koefisien gesekan µ= 0,5 dan θ = 45o. Agar balok tepat akan bergerak ke atas, gaya F harus sebesar….

Pembahasan soal bidang miring 3


4. Sebuah balok kayu diletakkan pada sebuah meja. Massa balok 4 kg, percepatan gravitasi 10 m/s2 , koefisien gesekan antara balok dan meja adalah 0,2 dan 0,4. Analisa apakah balok bergerak, tentukan besar gaya gesekan dan percepatan balok jika gaya tariknya: 6 N, 16 N, dan 20 N!  Berat balok w = m. g = (4) (10) = 40 N  Menentukan total gaya pada sumbu Y:

5. Jika sebuah kotak 10 kg ditarik dengan gaya 40 N membentuk sudut 300 sepanjang permukaan meja licin (gesekan diabaikan), hitunglah:
 a. Percepatan kotak ?
 b. Besar gaya normal yang dikerjakan permukaan meja pada balok Berat kotak bila N = w = m. g = (10)(10) = 100 N ?

*(P10) Contoh Soal Usaha
1. Balok ditarik gaya F = 100 N hingga sejauh S meter.



Jika θ = 37° dan usaha yang diperlukan sebesar 1200 joule maka nilai S adalah.....?

2. Balok 5 kg dinaikkan dari A ke B melalui bidang miring licin yang membentuk sudut 37° terhadap tanah.



Usaha yang diperlukan sebesar..............?    (g = 9,8 m/s2)

3. Sebuah kotak mendapatkan gaya ke kanan sebesar 36 Newton dan mendapat ke kiri sebesar X Newton sehingga kotak bergeser ke kanan sejauh 5 meter. Jika usaha total yang bekerja pada kotak adalah 120 joule, maka nilai X adalah..........?

4. Sebuah kotak bermassa 5 kg dinaikkan ke atas meja yang tingginya 1,2 meter. Jika percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2 maka usaha yang diperlukan adalah........?

5. Seorang anak mendorong meja di atas lantai kearah kanan sehingga bergeser 2 meter memerlukan usaha sebesar 250 joule, kemudian di dorong lagi ke kiri sehingga kembali ketempat semula. Usaha yang dilakukan anak adalah.........?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Latihan Fisika Dasar 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel