-->

Cara Mengatur Merge Cell di Excel


Agoes.my.id -  Cara Mengatur Merge Cell di Excel - Apa itu merge cell? Merge cell adalah fitur yang digunakan untuk menggabungkan beberapa sel menjadi 1 sel pada excel. Menggabungkan dan memisahkan sel di Microsoft Excel adalah cara terbaik untuk menjaga spreadsheet Anda tetap bersih, tertata dengan baik, dan mudah dipahami. 

Penggunaan yang paling umum adalah membuat header untuk mengidentifikasi konten di beberapa kolom, tetapi apa pun alasannya, ini bisa dilakukan dengan cepat di Excel.

Perhatikan bahwa Excel tidak mengizinkan Anda untuk memisahkan sel dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dalam tabel di Microsoft Word. Anda dapat memisahkan sel yang telah Anda gabungkan sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengatur Freeze Excel Agar Baris atau Kolom Tidak Bergerak

Menggabungkan Sel

Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel pada excel sebenarnya sangat mudah. Untuk melakukan merge cell di excel pilih sel yang ingin digabungkan.

Kemudian, di menu tab "Home", pilih "Merge dan Center".

Sesuai namanya, ini akan menggabungkan sel yang dipilih. Teks apa pun di dalam sel akan dipusatkan secara default.

Seperti yang Anda lihat, sel A1, B1, dan C1 telah digabungkan menjadi satu sel tunggal. Ada juga opsi lain untuk dipilih. Untuk mengakses opsi ini, klik panah di samping "Gabung dan Tengah" dan menu tarik-turun akan muncul.

Opsi-opsi ini relatif mudah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa "Merge Across" hanya menggabungkan sel yang dipilih dalam satu baris, tetapi tidak dengan sel dalam kolom.

Baca juga: Cara Mengubah Excel ke PDF

Jika beberapa sel  yang akan digabungkan terdapat konten di dalamnya, Anda harus sangat berhati-hati. Semua konten selain sel paling kiri akan terhapus setelah sel satu dengan sel lainnya dilakukan merge cell. Sebelum melakukan merge cell terdapat pesan peringatan dari microsoft yang menyatakan bahwa data akan hilang sebelum melanjutkan.

Memisahkan Sel

Sel yang dipisahkan memisahkan sel yang sebelumnya digabungkan kembali menjadi sel tunggal. Melakukannya semudah memilih sel yang digabungkan dan kemudian mengklik tombol "Merge and Center" lagi untuk mematikan pengaturan. Demikian pula, Anda dapat mengeklik panah di samping "Merge and Center" untuk mengakses menu tarik-turun, lalu klik "Unmerge Cells".

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Merge Cell di Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=