-->

Cara Start Up Windows 10 Tidak Lambat / Start Up Windows 10 Lebih Cepat

Pengguna Windows 10 pasti saat menyalakan laptop/komputer pernah mengalami  Start Up lambat. 
Sebenarnya masalah start up Windows 10 bisa diatasinya agar start up Windows 10 Lebih Cepat. Sehingga saat menghidupkan komputer/laptop tidak perlu menunggu lama-lama untuk menjalankakn program yang ada di windows 10.
Walaupun sudah banyak diantara mereka yang bisa mengatasi windows 10 lambat saat Start Up agar saat buka windows 10 lebih cepat, lancar dan tanpa lemot. Tetapi masih ada sebagian pengguna komputer/laptop yang masih kesulitan untuk mengatasinya. 

Cara mengatasi start up windows 10 agar tidak lambat sebenarnya gampang kok. Bisa diatasi dengan  mengatur Registry Editor pada system windows 10.

Cara mengedit Registry Windows 10 agar start up lebih cepat, tidak membutuhkan banyak waktu. Dalam artikel kali ini akan mengulas langkah demi langkah cara mengatur start up windows 10 lebih cepat.  

Mari perhatikan dengan seksama agar windows 10 dapat berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan hati pengguna.

Pada umumnya kendala yang dialami windows saat awal melakukan Start Up memang sering terjadi penundaan sepuluh detik setelah Windows dimulai. 

Karena system sedang menyiapkan ruang memory untuk memuat aplikasi startup dan menjalankan sistem yang diperlukan sebelum aplikasi bisa digunakan.

Untuk megatasi windows 10 tidak lemot saat start up, kita bisa mengakalinya dengan mengedit Registry yaitu mengurangi atau menonaktifkan penundaan startup windows 10.  

Mengedit Registry windows 10 akan berlaku untuk semua jenis aplikasi startup windows 10. Sehingga kita tidak bisa menerapkan hanya untuk aplikasi tertentu.

Jika komputer/laptop Anda menggunakan SSD (solid-state drive), cara kerja penundaan startup ini bisa berfungsi dengan baik. karena komputer/laptop yang menggunakan SSD dapat memuat progam/aplikasi yang jauh lebih cepa ketimbang HDD. 

Tetapi tidak ada salahnya jika laptop/komputer kita menggunakan HDD untuk mencobanya langkah ini agar start up windows 10 memuat lebih cepat.


Cara Start Up Windows 10 Tidak Lambat / Start Up Windows 10 Lebih Cepat
Berikut cara mengeditan Registry Windows agar startup Windows 10 termuat lebih cepat.

Catatan: Registry Editor merupakan Aplikasi yang disematkan pada windows digunakan untuk mengatur kinerja sistem komputer/laptop. Apabila salah dalam mengedit atau menghapus resgitry bisa fatal, mengakibatkan sistem tidak stabil atau bahkan sistem operasi tidak bisa dijalankan. Jadi, intinya harus berhati-hati ikuti langkah-langkah cara mengedit Registry windows dengan benar agar tidak terjadi masalah pada Windows 10.

Buka Peninjau Registry Editor dengan menekan tombol Windows+R dan ketik "regedit." Atau klik tombol pencarian kemudian ketik "regedit." Tekan Enter

Selanjutnya Registry Editor akan terbuka klik YES untuk mengizinkannya membuat perubahan pada PC Anda.


Gunakan bilah sisi kiri pada Registry Editor untuk menavigasi ke kunci berikut atau salin dan tempel ke bilah alamat Registry Editor:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Serialize

Jika Serialize kuncinya belum ada, Maka kita perlu membuat Kunci Baru terlebih dahulu.  Pada tombol induk ( Explorer) lakukan Klik kanan kemudian pilih New > Key  dan beri nama "Serialize."


Selanjutnya, klik kanan Serialize  dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.


Isikan dengan nama nilai baru StartupDelayInMSec setelah itu tampilannya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini

Selanjutnya, Anda akan mengubah nilai itu. Pada StartupDelayInMSec lakukan Klik dua kali untuk mengatur nilai baru dan memasstikan nilainya diubah menjadi 0 di kotak "Value data".


Klik "OK" dan kemudian keluar dari Tinjauan Edit Registri. Agar perubahan bisa diterapkan, komputer harus di  Restart ulang.  Setelah itu lihat hasilnya,  seharusnya start up windows 10 tidak lambat.

Cara Mengembalikan Registry ke Pengaturan Awal

Jika menginginkan Registry kembali  ke pengaturan awal caranya gampang, Masuk Editor Registry dan hapus StartupDelayInMSec nilainya dengan mengklik kanan lalu mengklik "Delete"

Setelah di hapus, maka windows 10 akan kembali seperti semula dengan loading start up windows 10 menungu lebih lama memerlukan waktu sesuai di pengaturan.

Baca juga: cara refresh laptop

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Start Up Windows 10 Tidak Lambat / Start Up Windows 10 Lebih Cepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

=