-->

Macam-macam Media Penyimpan Data Pada Komputer

Media penyimpanan pada komputer - Seiring perkembangan jaman, jaman yang semakin modern media penyimpanan pada komputer juga sangat bervariasi.

Dari jenis-jenis media penyimpanan komputer atau macam-macam pedia penyimpan komputer ini tak lain adalah memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan sebuah file.



Oke langsung saja ke intinya karena media penyimpanan pada komputer sangat bervariasai. Nah disini admin akan bahas Media penyimpan pada komputer  dan bermacam-macam jenisnya yaitu sebagai barikut:

A. Memori
Random access memory (RAM)  adalah memori yang menyimpan data yang sering digunakan untuk memepercepat pengambilannya oleh prosesor. Cache dibaca Cash, adalah tempat untuk menyimpan segala sesuatu sementara.

Misalnya, file secara otomatis diminta dengan melihat halaman web yang disimpan dalam hard disk tepatnya dalam subdirektori cache dibawah direktori untuk browser. COASt adalah singkatan untuk Cache on a stick. COASt menyediakan memori cache dalam banyak sistem berbasis Pentium.Terdapat dua kelas RAM yang biasa digunakan sampai saat ini, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM).

SRAM relatif lebih mahal, tapi lebih cepat dan dapat menyimpan data ketika komputer dimatikan selama beberapa periode tertentu. Hal ini akan sangat berguna dalam kondisi seperti kehilangan power/daya yang tidak diharapkan terjadi. SRAM digunakan untuk memori cache.

DRAM tidak terlalu mahal dan berjalan dengan lambat. DRAM membutuhkan power supply yang tidak terganggu untuk menjaga data agar tidak hilang. DRAM menyimpan data dalam kapasitor kecil yang harus di refresh untuk menjaga data agar tidak hilang.

B. Floppy Drive
Sebuah floppy disk drive (FDD), membaca dan menulis informasi secara magnetis ke dalam floppy diskettes (disket floppy). Disket floppy, diperkenalkan pada 1987, yaitu salah satu bentuk media penyimpanan yang dapat dipindah.

C. Hard drive
Hard disk drive (HDD) adalah media penyimpanan utama pada
komputer. Sebuah HDD, seperti pada Gambar, menggunakan banyak karakteristik fisik dan operasi yang sama dengan floppy disk drive. HDD memiliki desain yang lebih kompleks dan dapat melakukan kecepatan akses yang lebih tinggi.

HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada floppy dalam hubungannya dengan daya simpan penyimpanan jangka panjang.Ia menyimpan program dan file, begitu juga denga sistem operasi.

D. CD-ROM
CD-ROM adalah sebuah media penyimpanan optik read-only (hanya dapat dibaca). Sedangkan CD-ROM drive adalah peranti penyimpanan sekunder yang membaca informasi yang tersimpan pada cakram padat (compact drive). Teknologi di balik CD-ROM dimulai pada akhir 1970-an. Pada 1978, Sony dan Philips Corporation mengenalkan audio compact disk (CD).

E. Format DVD dan drivers
DVD adalah salah satu tipe cakram optik yang menggunakan diameter 120 mm yang sama seperti CD. DVD tampak seperti CD, namun kapasitas penyimpanannya jauh lebih tinggi. DVD dapat merekam pada kedua sisi dan beberapa versi komersialnya dapat mendukung dua lapisan tiap sisinya.

Ini dapat menghasilkan lebih dari 25 kali kemampuan simpan CD. Forum DVD didirikan tahun 1995 dengan tujuan untuk berbagi dan menyebarkan ide dan informasi mengenai format DVD dan kemampuan, perkembangan, serta penemuan teknisnya.

F. Backup hardware
Tape drive biasanya digunakan sebagai peranti untuk backup data pada disk drive server jaringan. Peranti tape (pita) dikenal karena perfomanya yang tahan lama. Performa tersebut sebagian disebabkan karena mekanisme drive tape yang terdapat pada beberapa sistem.

G. Quarter Inch Cartridge (Cartridge Seperempat Inci)
Di tahun 1972, 3M menciptakan Quarter Inch Cartridge (QIC, dibaca quick). QIC adalah salah satu standar tape. Seperti tampak pada namanya, tape yang digunakan pada QIC selebar satu seperempat inci. QIC tape drives setelah beberapa tahun memiliki banyak versi.

QIC tape drive pertama menempel pada pengatur floppy disk pada komputer. Versi yang lebih baru dapat ditempatkan pada port paralel komputer. Selain itu versi belakangan menggunkan interface hard disk drive IDE.

Standar QIC membatasi kapasitas penyimpanan dan digunakan hanya pada server jaringan tingkat masukan (entry-level)

H. Travan Cartridge Tape
Imation Company, pecahan dari keluaran terdahulu (spin-off) 3 M, memperkenalkan standar Travan cartridge tape pada 1994. Travan berbasis teknologi QIC.

Dalam kebanyakan kondisi, ia dapat membaca dan juga menulis sesuai dengan beberapa QIC tape cartridge, atau mampu membaca QIC cartridge. Travan tape drive memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi daripada QIC tape drives yang lebih lama.

8mm Tape (Pita 8mm) Exabyte Corporation mempelopori teknologi pita yang digunakan pada pita 8 mm. Teknologi ini menggunakan pita yang sama dengan pita video 8mm dan sistem pindai putar (helical scan) yang digunakan pada VCR.

Teknologi pita 8mm Mammoth adalah perkembangan dari teknologi pita 8mm asli dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi dan kecepatan transfer yang lebih tinggi.

I. USB Flash Memory
USB Flash Memory adalah tipe peranti penyim panan yang relatif baru. Alat ini dapat menyimpan ratusan kali data pada floppy disk.

Demikian info mengenai media penyimpanan pada komputer atau macam-macam media penyimpanan pada komputer sampai disini dulu, semoga artikel ini bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa share ke teman-teman barangkali ada teman yang sedang membutuhkan.

Sumber : kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-macam Media Penyimpan Data Pada Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel