-->

Deskripsi Form Factor Motherboard

Form Factor Motherboard -Kali ini admin mau berbagi artikel tentang Form Factor Motherboard.


Oke kita tak perlu berbelit-belit langsung saja ke intinya tentang Form Factor Motherboard. Papan sirkuit tercetak (printed circuit board) dibuat dari bahan fiberglass. Papan sirkuit ini akan dilengkapi soket dan berbagai macam bagian elektronik, termasuk chip yang berbeda jenisnya.

Chip dibuat dari sirkuit yang sangat kecil dan berbentuk kotak silikon. Silikon adalah bahan yang sama dengan bahan kimia dan berstruktur seperti pasir. Chip memiliki ukuran yang bervariasi, namun kebanyakan berukuran seperti perangko. Chip juga dikatakan sebagai semikonduktor atau sirkuit terintegrasi.

Kabel individual dan konektor yang disolder dengan tangan digunakan dalam sistem board lama dan telah digantikan dengan aluminium atau tembaga tercetak dalam papan sirkuit.
Peningkatan ini secara signifikan telah mengurangi secara drastis waktu yang biasanya dibutuhkan untuk merakit PC, dan juga telah mereduksi biaya dari pabrik kepada konsumen.

Gambar diatas menunjukkan komponen dari motherboard ATX dan bagaimana semuanya dapat digabungkan menjadi satu. Motherboard biasanya dideskripsikan dari faktor penyusunnya (form factor). Form factor akan mendeskripsikan dimensi fisik dari sebuah motherboard. Dua jenis form factor yang sering digunakan adalah motherboard Baby AT dan motherboard ATX.

Sebagian besar dari sistem yang baru menggunakan form factor (faktor bentuk) motherboard ATX. Motherboard ATX sebenarnya mirip dengan Baby AT kecuali beberapa peningkatan berikut ini:

  • Slot ekspansi tersusun paralel dengan bagian board yang lebih pendek, sehingga membuat lebih banyak tempat untuk komponen lainnya.
  • CPU dan RAM terletak di sebelah power supply. Komponen ini mengkonsumsi lebih banyak power sehingga membutuhkan lebih banyak pendinginan oleh kipas power supply.
  • Port integrasi I/O dan konektor mouse PS/2 juga termasuk di dalam motherboard.
  • Mendukung operasi 3.3 volt dari ATX power supply

Gambar dibawah ini menampilkan rangkuman umum dari form factor motherboard yang kini sedang digunakan.



Pendeskripsian motherboard biasanya berdasarkan pada bentuk/tipe interface mikroprosesor, atau soket yang ada didalamnya

Motherboard dapat dideskripsikan sebagai Soket 1, Slot 370 dan sebagainya. Slot 1 adalah generasi pertama dari ATX. Soket tunggal 370 adalah generasi kedua ATX.

Demikian info mengenai form factor motherboard pada komputer sampai disini dulu, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa share ke teman-teman barangkali ada teman yang sedang membutuhkan.

Terimakasih telah bersedia membaca artikel ini, semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda dan jangan lupa like dan tinggalkan komentarnya atau share ke teman-teman anda yang membutuhkan informasi artikel Form Factor Motherboard ini. 

Sumber : kemdikbud.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Deskripsi Form Factor Motherboard"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel